• https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJzTWD0tVMwVBdOWIxd15n1AnWnK7LfPCgaYHV2JcZ0GobLs9QVjqJXj042dG20_vYklJRx9Mhhvn6inTnM7T2FV4JwKALqgDW0q8pn48U4dp45gnb1vm7C_L8tAM7Mz6R6F4nnEteU_I/s1600/PSA+43.jpg

Langkah-Langkah Dalam Membuat Kegiatan Di TK Menggunakan Kurikulum Merdeka

Langkah-Langkah Dalam Membuat Kegiatan Di TK Menggunakan Kurikulum Merdeka

  1. Membuat rencana pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum Merdeka
  • Menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai dengan karakteristik anak usia TK
  • Menentukan topik pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum Merdeka, seperti keberagaman budaya, kepedulian lingkungan, dan peningkatan kemampuan berbahasa dan berpikir kreatif
  • Menyiapkan materi dan sumber belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan topik yang dipilih
  1. Menyusun model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum Merdeka
  • Memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum Merdeka, seperti pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran kolaboratif, dan pembelajaran kreatif
  • Menerapkan model pembelajaran yang dipilih dengan sesuai dengan karakteristik anak usia TK, seperti menggunakan media yang menarik dan bermain peran
  1. Menyusun rencana kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan kurikulum Merdeka
  • Menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan kurikulum Merdeka, seperti mengajar anak-anak tentang lingkungan, keberagaman budaya, atau mengembangkan keterampilan sosial
  • Menyediakan materi dan alat yang dibutuhkan untuk kegiatan ekstrakurikuler
  • Memilih tutor atau fasilitator yang sesuai dengan karakteristik anak usia TK
  1. Mengembangkan program pengembangan diri yang sesuai dengan kurikulum Merdeka
  • Menentukan program pengembangan diri yang sesuai dengan kurikulum Merdeka, seperti mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan keterampilan sosial
  • Menyediakan materi yang dibutuhkan untuk program pengembangan diri, seperti buku dan media pendukung
  • Memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia TK, seperti bermain peran atau bercerita
  1. Evaluasi dan perbaikan sistem pembelajaran
  • Melakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui efektivitas sistem pembelajaran
  • Memperbaiki sistem pembelajaran yang kurang sesuai dengan kurikulum Merdeka atau kurang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran
  • Melakukan perbaikan dan penyempurnaan sistem pembelajaran secara terus-menerus untuk mencapai hasil yang lebih baik bagi anak-anak di TK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Situs Resmi Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia Kec. Parongpong

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi dibawah naungan PGRI. IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi yang sudah berdiri sangat lama, sehingga organisasi sudah mempunyai banyak pengalaman dalam ikut serta memajukan pendidikan anak di Indonesia khususnya di Provinsi Jawa Barat. Kepengurusan di dalam organisasi dilaksanakan secara regular dan terpadu, sehingga menghasilkan reorganisasi pergantian estafet yang produktif.

Salah satu penghargaan yang diterima oleh IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat dari Ketua IGTKI-PGRI Pusat adalah tentang manajemen yang tertata rapi. Organisasi berjalan efektif dan efesien sehingga bidang-bidang organisasi dapat memunculkan ide-ide dan gagasan dalam kemajuan organisasi IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat. Proses instruksi dan komando baik dari atasan maupun mitra organisasi mampu bersinergi dengan program-program yang sudah direncanakan. Sehingga organisasi IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat merupakan organisasi yang professional.

Pengalaman Organisasi
IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat mempunyai banyak pengalaman dalam berorganisasi, karena organisasi ini berdiri memasuki usia yang sudah panjang. Pasang surut kehidupan berbangsa dan bernegara telah dilalui tanpa sedikitpun kemunduran yang dialami oleh IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat. Pengurus-pengurus selalu semangat dan kompeten dalam mengantarkan serta menjembatani anggotanya untuk lebih maju dalam berbagai aspek pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini. Dalam berbagai kesempatan organisasi ini juga mengantarkan guru-guru menjuarai berbagai kegiatan yang diadakan oleh pengurus Pusat.

Pengalaman Pengurus
IGTKI-PGRI Provinsi Jawa Barat memiliki pengurus-pengurus disamping sebagai guru TK mereka mempunyai kegiatan yang sangat produktif, yang diantaranya sebagai Narasumber, Mentor, Pembicara, Asessor, Penulis, Pengurus APKS Provinsi dan lain sebagainya.

Pages